×

Jenis dan Ukuran Baja Ringan

Ilustrasi proyek konstruksi bangunan

Jenis dan Ukuran Baja Ringan

Untuk menentukan ukuran baja ringan  diperlukan tenaga yang profesional. Sebelum anda melakukan perencanaan, berikut ini adalah  penjelasan mengenai jenis dari baja ringan dan bagaimana cara menggunakannya.

Jenisnya dari baja ringan

Dalam sub bab ini kami akan membahas mengenai jenis baja ringan berdasarkan bentuknya.

  • Baja ringan canal

Salah satu jenis dari baja ringan adalah baja ringan canal. Baja ringan canal merupakan baja ringan yang memiliki  bentuk seperti huruf C dengan sudut-sudut yang menyebabkannya memiliki bentuk seperti kubus hanya tidak memiliki alas. Jenis baja ringan dengan bentuk canal ini merupakan baja ringan yang digunakan dalam pembuatan rangka atap.

  • Baja ringan reng

Jenis baja ringan yang lain adalah baja ringan reng. Baja ringan reng ini memiliki bentuk seperti trapesium. Bentuk trapesium dengan kaki-kaki yang mengarah keluar. Jenis baja ringan reng ini juga digunakan dalam pembuatan rangka atap.

  • Baja ringan balok (kerangka partisi gypsum dan juga rangka plafon)

Yang selanjutnya adalah baja ringan balok. Sesuai dengan namanya, baja ringan memiliki bentuk seperti balok. Untuk jenis baja ringan yang satu ini tidak digunakan untuk membuat atap tapi digunakan dalam pembuatan kerangka partisi gipsum dan juga digunakan sebagai rangka plafon. Biasanya jenis baja ringan balok ini memiliki lubang-lubang untuk memudahkannya penggunaannya. Ukuran baja ringan ini juga beragam. Ditentukan sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Menentukan jenis baja yang digunakan

Untuk menentukan jenis baja ringan yang digunakan, maka ada 2 hal yang perlu anda ketahui. Salah satunya adalah mengetahui kegunaan dari baja ringan yang akan anda beli. Selain mengetahui kegunaan, pemilihan baja ringan tentukan berdasarkan dengan bobot yang akan diangkat oleh baja ringan. Selain dibedakan menjadi bentuk, jenis baja ringan yang bisa ditemukan di pasaran juga bisa ditemukan dalam berbagai ukuran. Pemilihan berbagai jenis dari ukuran baja ringan inilah yang ditentukan berdasarkan dengan beban yang akan di sangga rangka konstruksi baja ringan yang akan anda buat.

Mengapa pilih baja ringan untuk buat atap?

Baja ringan memang merupakan sebuah produk yang sangat banyak mendapatkan perhatian karena kegunaan luas yang dimilikinya. Selain itu ia terkenal memiliki durabilitas yang tinggi dan mudah untuk dipasangkan sehingga menjadi pilihan untuk huntara. Hal ini merupakan salah satu dari banyak kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan ini. Apa kelebihan lain yang dimiliki oleh baja ringan ini?

  • Mampu menampung beban yang tinggi

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan dalam pembuatan atap adalah ia mampu menampung beban yang tinggi. Hal ini membuatnya menjadi bahan yang banyak digunakan untuk membuat atap bangunan yang memiliki bentangan yang besar.

  • Lebih aman dari bencana.

Selain memiliki banyak ukuran baja ringan , bahan baja ringan juga lebih aman terhadap bencana seperti gempa dan api.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*