×

Membuat Kanopi Dengan Genteng Metal

Genteng Metal

Membuat Kanopi Dengan Genteng Metal

Saat ini banyak sekali model kanopi yang bisa anda terapkan pada bangunan anda. Material yang dipakai pun beragam dengan berbagai macam tujuan baik secara estetika maupun fungsinya. Kanopi dengan genteng metal menjadi bahan yang banyak dipilih belakangan. Material baja ringan memiliki banyak kelebihan untuk penggunaan jangka panjang dan kekuatannya.

Kanopi merupakan bangunan peneduh yang umum diterapkan pada bangunan tempat tinggal modern saat ini. Kanopi juga sering diterapkan pada bangunan lain seperti kafe, ruko, maupun bangunan perkantoran. Kanopi merupakan bangunan rangka beratap yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan utama.

Selain berfungsi memisahkan bangunan utama dengan halaman rumah, kanopi memiliki fungsi utama sebagai perlindungan terhadap cuaca dan menambah estetika bangunan anda. Berikut ini hal yang perlu anda perhatikan sebelum mambangun kanopi idama anda.

  1. Bahan Rangka

Rangka menjadi pondasi utama bagi bangunan anda. Bahan yang dipilih sebagai rangka akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan bangunan kanopi anda. Material alam seperti kayu dan bambu bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin menonjolkan nilai estetika, namun bukan pilihan tepat untuk jangka panjang.

Material seperti berbahan dasar besi seperti hollow, besi beton, dan pipa besi bisa menjadi pilihan untuk rangka bangunan yang kuat. Selain itu mudah dibentuk dengan bantuan alat pengelas. Namun material besi rawan terhadap karat dan pengeroposan.

Baja ringan bisa menjadi pilihan anda. Meskipun memiliki bobot yang ringan, baja ringan memiliki kekuatan untuk menahan bobot atap. Material juga anti karat dan bisa meredam api. Pemasangannya pun cenderung mudah dan cepat. Namun anda membutuhkan perhitungan yang tepat untuk membuat rangka kanopi yang kuat.

  1. Material Rangka Atap

Rangka atap berfungsi untuk dudukan atap kanopi anda. Anda harus memilih bahan yang tepat agar atap anda tahan lama.

Sama seperti rangka bangunan, hal yang sama juga harus anda terapkan pada pemilihan bahan. Selain itu pemilihan material juga harus menyesuaikan dengan model atap yang anda kehendaki.

Jika anda memilih menggunakan baja ringan, anda juga harus menghitung kebutuhan rangka baja ringan yang sesuai dengan bobot material atap. Konstruksi nya pun akan semakin rumit jika material atap anda semakin berat.

  1. Material atap

Atap kanopi merupakan bagian paling menonjol dan paling tampak bagi bagunan kanopi. Pada kanopi minimalis, anda bisa menggunakan bahan-bahan alam seperti rumbai, jerami, bambu, maupun kayu. Anda juga bisa memilih bahan seperti polikarbonat, kaca, ataupun membran yang tembus cahaya.

Pilihan terbaik adalah menggunakan bahan atap untuk rangka besi ringan seperti galvalum, ACP, maupun genteng baja. Selain awet, atap baja ringan juga fleksibel untuk dibentuk sesuai dengan keinginan anda.

Kanopi dengan genteng baja ringan menjadi pilihan terbaik saat ini. Anda bisa menyesuaikan pilihan atap yang sesuai dengan dana yang anda miliki.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*